Pengertian Pengurus Koperasi dan Fungsinya

Pengurus koperasi dan fungsi yang dia jalankan dalam keseharian untuk mengembangkan dan memajukan bisnis yang di kalukan oleh koperasi. Baik Koperasi simpan pinjam maupun koperasi serba usaha yang menjalankan bisnis perdagangan maupun jasa.

Salah satu perangkat organisasi koperasi menurut uu no 25 1992 adalah Pengurus koperasi.Pengurus koperasi ini adalah orang orang yang bertanggung jawap dalam pengelolaan koperasi.
Pengertian Pengurus Koperasi dan Fungsinya


Pengurus koperasi terdiri dari Ketua dan wakil ketua.Sekertaris dan wakilnya serta bendahara koperasi dan wakilnya.Jumlahnya tidak harus 6 tergantung besar kecilnya koperasi yang di miliki.

Tentu saja jika koperasinya sudah besar dan memiliki cabang di kota kota besar indonesia pengurus koperasi bisa lebih dari 6. Bisa saja ada wakil ketua 1 dan wakil ketua 2. Wakil bendahara 1 dan bendahara 2.

Pengurus koperasi di dalam menjalankan kegiatan operasional harian di bantu oleh pelaksana harian koperasi yang di pimpin oleh seorang manajer ataupun direktur koperasi.Dia membawahi beberapa kepala bagian dan sejumlah besar karyawan.

Pengertian pengurus koperasi


Definisi pengurus koperasi adalah orang yang bertanggung jawab dan memimpin organisasi koperasi serta bertindak atas nama koperasi dan mewakili koperasi dalam berhubungan dengan pihak luar.Mereka juga berfungsi sebagai lokomotif penggerak koperasi.
Pengurus koperasi adalah orang-orang yang bekerja di garis depan, mereka adalah otak dari gerakan koperasi dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu koperasi.
Tugas dan kewajiban pengurus koperasi adalah memimpin organisasi dan usaha koperasi serta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai dengan keputusan-keputusan rapat anggota.
 ( sumber catatan widiyarsih.staff.gunadarma.ac.id )


Fungsi pengurus koperasi

  • Pusat pengambil keputusan tertinggi. Artinya pengurus dalam kegiatan sehari hari koperasi merupakan pengambil keputusan tertinggi setelah RAT
  • Pemberi nasihat.Pengurus juga berfungsi memberikan nasihat kepada direktur ataupun manajer koperasi dalam menentukan kebijakan dan langkah koperasi.
  • Pengawas atau orang yang dapat dipercaya.pengurus juga berfungsi mengawasi kinerja karyawan koperasi.
  • Penjaga berkesinambungannya organisasi.Yang paling penting pengurus adalah orang yang menjaga dan memelihara keberlangsungan koperasi di dalam menjalankan usahanya agar tidak mengalami kebangkrutan.
  • Simbol.Pengurus juga sebagai simbol adanya suatu koperasi.


Baca juga pengertian koperasi simpan pinjam
Saya rasa cukup sekian pembahasan saya tentang pengertian pengurus koperasi dan fungsi dari pengurus koperasi menurut  Leon Garayon dan Paul O. Mohn dalam bukunya “The Board of Directions of Cooperatives” 
Coba cari bukunya di Perpustakaan siapa tau masih ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pengurus Koperasi dan Fungsinya"

Post a Comment