Tips sukses persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Yuk Guys cari tau apa saja persiapan yang harus di lakukan seorang anak untuk menghadapi ujian nasional.Karena UN telah menjadi hal yang sangat menakutkan bagi siswa siswi SD,SMP maupun SMA/SSMK di Indonesia. Bagaimana tidak proses mereka belajar bertahun tahun tidak di perhitungkan dan kelulusan mereka di tentukan oleh ujian nasional yang berlangsung hanya 3 Hari.
Tips sukses persiapan Menghadapi Ujian Nasional
Tips sukses persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Tentu saja hal ini membuat kamu  semakin stres. Tidak hanya kamu  namun orang tua juga ikut ikutan stres. Itu dulu sebelum sistemnya berubah. Sekarang tetap ada ujian nasional namun sudah tidak menjadi pertimbangan  mutlak. Di sini pihak sekolah telah di perbolehkan ikut menentukan kriteria kelulusan seorang murid. Dan juga ada pertimbangan lain, Seperti nilai mata pelajaran dia selama bersekolah di tambah nilai ujian sekolah baik nilai semster maupun nilai ujian kenaikan kelas.

Tapi tetap saja Nilai ujian nasional menjadi penentu terbesar kelulusan seorang anak.Jadi kita harus mempersiapkan Anak anak kita untuk menghadapi ujian nasional dengan sebaik baiknya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu  lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional.

Tips sukses cara menghadapi ujian nasional

1. Menjaga kesehatan 

Kondisi kesehatan kamu  sangat berpengaruh dengan kemajuan belajarnya.Jadi jaga kesehatan anak dengan memberi asupan gizi yang cukup. Makan makanan seimbang. Kurangi aktifitas bermain Game online di Smartphone maupun PC

2. Rajin berangkat sekolah

Hihi... ini dia jangan sering bolos sekolah. Ingat semakin sering anda bolos maka semakin  anda ketinggalan pelajaran.

3. Cintai semua pelajaran

Kadang anda masih pilih pilih pelajaran. Padahal semua pelajaran yang anda di sekolah itu penting. Baik pelajaran yang masuk dalam ujian nasional maupun pelajaran yang hanya di ujikan di sekolah.Mulailah untuk mencintai semua jenis pelajaran. Mulai dari matematika sampai pelajaran sejarah.

4.Belajar kelompok

Ada bermacam macam cara belajar. Salah satunya adalah belajar kelompok. Dengan belajar kelompok anda bisa berdiskusi tentang mata pelajaran yang belum anda kuasai. Tanya teman anda yang lebih paham. Dengan belajar kelompok anda akan semakin semangat untuk belajar.

5. Ikut bimbingan belajar

Saat anda merasa tidak bisa menguasai salah satu mata pelajaran ada baiknya anda ikut bimbingan belajar.Bimbingan belajar itu ada 2 jenis. Bimbel konvensional dan bimbel Online.

Bimbel konfensinal anda bisa ikut bimbel lokal di kota anda. Atau bimbel yang sudah terkenal.Seperti Primagama atau Ganesha.

Untuk bimbel online anda bisa ikut  bimbel di Ruang guru atau bimbel di Quipper dan Zenius.Jika anda ingin Ikut belajar online di ruang guru bisa baca caranya di sini Cara daftar bimbel online ruang guru

6. Belajar dengan cara anda sendiri

Anda bisa belajar sesuai dengan gaya anda sendiri. baik dengan mendengarkan musik atau di ruangan yang hening. Ada yang suka belajar di lingkungan yang tenang namun ada juga yang belajar lebih mengena jika sambil mendengarkan musik.

7. Berdoa

Mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara tekun beribadah dan berdoa. Dengan mendekatkan diri kepada tuhan anda akan lebih tenang dalam menghadapi ujian nasional.

Ok, Itu adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips sukses persiapan Menghadapi Ujian Nasional"

Post a Comment