10 Jenis Kenduri yang Masih Ada di Desa Maupun Kota

Hallo jagoan apakah anda tau kenduri.Kenduri di lakukan orang yang tinggal di kota atau di Desa.Walaupundi kota kendurinya tidak sebanyak di desa.

Keduanya melakukan kenduri dengan cara masing masih.Salah satu tradisi  yang masih ada di desa adalah mereka masih mempertahankan tradisi nenek moyang yaitu kenduri . (Kalau di kampung Namanya Genduren Bahasa jawa dari kenduri)
 
kenduri
doc.Flicr/Yan Arief Purwanto
 
 
Bayak sekali macam macam kenduri yang ada di kampung.Taukan,karena mereka masih mengadakan kenduri atau selamatan untuk acara ataupun kejadiah kusus yang terjadi di dalam 

keluarganya.Kenduri ini dilaksanakan pada malam hari selepas solat mahrib atau selepas solat isa tergantung yang punya hajat.
 
Beberapa jenis kenduri yang ada di kampung di antaranya adalah:
 
1.Selamatan kampung(NYADRAN).
Kenduri ini dilaksaknakan pada sing hari melibatkan seluruh kepala rumah tangga dan tetua tetua adat.Di laksanakan pada bulan Sura dan di beberapa kampung bulannya berbeda tapi mereka memakai penanggalan jawa.Kenduri ini satu tahun sekali.
 
2. Nikahan.
Kenduri ini dilakukan oleh seseorang yang akan menikahkan anaknya biasanya satu sampai tigahari sebelum akad nikah putranya.Di laksnakan di malam hari selepas solat isa.

Yang punya hajat akan mengundang kepala keluarga seluruh kampung atau seluruh Rt tergantung kemampuan si empunya hajat.
 
3.Sunatan.
kenduri ini di lakukan oleh orang yang baru melaksanakan sunatan anaknya.Biasanya dilaksanakan di malam hari setelah siangnya anaknya di sunat.
 
4.Potong rambut.
Kenduri ini di laksanakan untuk selamatan anak kecil yang punya rambut gimbal dan di potong untuk pertama kalinya.kenduri ini sudah jarang di laksanakan karena jarang sekali ada anak yang lahir dengan rambut gimbal.

Tapi di beberapa daerah masih banyak dan di laksanakan festival cukur rambut gimbal.Contohnya daerah Dieng di Wonosobo.
 
5.Kelahiran anak.
Kenduri ini dilakukan tujuh hari setelah kelahiran seorang bayi.Kenduri ini juga sekaligaus acara peresmian Pemberian nama.

Kenduri  Aqiqah bagi yang mampu dengan memotong rambut jabang bayi serta menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki laki dan seekor kambing untuk anak perempuan
 
6.Selamatan tujubulanan kehamilan.
Kenduri ini di laksanakan olehsepasang pengantin baru yang baru mengandung untuk pertama kalinya.Pada sore harinya di lakukan siraman pada perempuan yang mengandung oleh seorang dukun bayi.

Di malam saat kenduri juga di lakukan ritual pelepasan belut di depan rumah ini sebagai sinbol agar kelahiran bayinya nantinya bisa lancer dan cepat.Licin seperti belut.
 
7. wetonan.
Kenduri ini jenisnya kenduri kecil di lakukan oleh seseorang pada saat pas hari kelahirannya.Di lakukan di bulan bulan tertentu dan hanya mengundang tetangga terdekat.
 
8.Bancakan,
Kenduri ini di lalukan pada siang hari oleh anak anak kecil baik laki laki ataupun perempuan.Biasanya bancakan untuk mempersiapkan anak kecil yang mau sunat atau selamatan karena sembuh setelah sakit parah.
 
9. Syukuran.
Jenis kenduri ini insidental.Di lakukan saat seseorang mendapatkan suatu rejeki tak terduga.Juga saat seseorang lulus sekolah ataupun di terima di tempat kerja.Bisa juga saat menempati rumah baru.Ataupun baru beli kendaraan.

10.Kematian
Jenis kenduri ini terjadi jika anggota keluarga ada yang meninggal.Kenduri kematian ini mulai dari 7 hari setelah meninggal.40 hari setelah meninggal.100 hari setelah meninggal.Mendak atau 1 tahun setelah meninggal. 1000 hari setelah meninggal.

Terlepas dari pro ataupun kontra banyak sekali manfaat dari kenduri. Di antaranya adalah rasa berbagi kepada tetangga di sekitar kita. Dengan kenduri otomatis kita akan membagikan makanan kepada tetangga. Ini juga bisa mempererat tali persaudaraan.

Tujuan dari kenduri sendiri bermacam macam namun pada umumnya adalah salah satu upaya untuk bersyukur dan berbagi kepada sesama.

Di dalam kenduri juga mengandung filosofi adat jawa yang luhur. Namun saya sendiri tidak tau filosofi di dalamnya. Kalian tanyakan sendiri kepada budayawan atau sejarawan mungkin mereka tau.

Bisa juga tanya ke Caknun diakan punya acara Kenduri Cinta. hehe...
 
Itulah beberapa jenis kenduri yang masih ada di desa.Mungkin di kota juga ada kenduri tapi sudah sedikit.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Jenis Kenduri yang Masih Ada di Desa Maupun Kota"

Post a Comment