Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Sesuai EYD

Surat lamaran kerja merupakan hal yang sangat penting sebagai salah satu persyaratan dalam anda melamar pekerjaan.jadi di sini saya akan memberikan anda beberapa contoh surat lamarankerja yang baik dan benar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja terbaru Yang Baik dan benar

Cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar tentu berbeda dengan jika anda menulis lamaran kerja menggunakan Komputer. Dari ukuran kertas samapai batas kiri dan kanan pada kertas harus sesuai setandar yang baku untuk penulisan surat lamaran kerja di kertas folio.

Pilihlah jenis kertas folio. jangan kertas dengan ukuran yang lain apalagi kertas dengan motif bunga dan anime.batas kiri adalah 4 CM sedangkan margin batas kanan cukup 3 CM. Agar lebih rapi dalam menulisnya anda bisa membuat garis pembatas di tepi kanan dan tepi kiri dengan pinsil. Setelah selesai nanti bisa di hapus.

Kemudian tulislah surat lamaran kerja terseebut menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan EYD.Karena ini bentuk surat resmi bukan surat cinta cintaan.Tulisan juga tidak boleh di singkat singkat seperti sms anak alay.

Hal yang paling penting dalam membuat surat melamar kerja adalah penulisan nama dan alamat yang lengkap. Jika nama anda Budi Susilo maka tulislah Budi Susilo jangan Budi S. Satu lagi sertakan juga nomor HP yang masih aktif serta jikaa di minta bisa menuliskan nomor Email yang bisa di hubungi.

Karena ini adalah surat lamaran kerja tulis tangan maka anda harus menulis surat lamaran kerja tersebut menggunakan tangan anda sendiri. Jangan minta tolong pada kakak atau adik karena tulisannya bagus.Percayalah yang penting tulisan anda bisa di baca dan rapi. jangan sampai ada coretan. Jika terjadi kesalahan ganti dengan kertas baru. Belum ada sejarahnya surat lamaran kerja ada bekas coretan dan Tipe X.

Lengkapi formulir surat lamaran kerja tersebut dengan persyaratan yang di minta seperti SKCK,Foto copy Ijasah terakhir dan transkrip nilai serta pas foto dan daftar riwayat hidup
langkah terakhir sampaikan surat lamaran kerja anda denagn bahasa yang singkat dan jelas. hindari kata kata yang tidak perlu dan bertele tele

Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Yang paling atas adalah Nama kota dan tanggal surat di tulis. Contoh Bandung, 5 Mei 2018

Kemudian perusahaan tempat anda melamar dan alamatnya
 
Kemudian isi suratbisa anda awali dengan kata “Dengan Hormat”
 
paragraf pertama berisi maksud anda mengirim surat yaitu melamar pekerjaan. 

kemudian sampaikan juga dari mana anda mendapat info lowongan kerja tersebut. Misal Iklah di Internet,majalah atau koran.

Paragraf selanjutnya adalah Biodata anda.Tulis mulai dari nama,TTL,Jenis kelamin,Alamat,dan No.HP

 
paragraf berikutnya berisi Harapan anda agar bisa di terima di perusahan tersebut.
 terakhir salam penutup.Berisi salam hormat,tanda tangan serta nama terang.

 Bentuk Surat Resmi

Dalam penulisan surat lamaran pekerjaan anda bisa menggunakan model Full block dan Block.

Full block style yaitu jenis surat yang penulisannya semua di awali dari pojok kiri.
Block style Yaitu semua tulisan di mulai dari pojok kiri hanya tanggal salam penutup dan nama di mulai di sebelah kanan.

Yang paling mudah adalah model full block style

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Kalo hanya membaca teori maka anda akan kebingungan jadi akan saya berikan beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan dan contoh surat lamaran pekerjaan menggunakan komputer. Jadi anda tinggal menyalin kata kata yang ada di contoh surat lamaran kerja di bawah ini ke kertas folio.

Caranya sudah saya jelaskan di atas termasuk langkah langkahnya.


1.Contoh surat lamaran kerja terbaru

Semarang, 5 Mei 2018

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer HRD
PT. Surya Alam
Jl. Gatot Subroto №15
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan kerja dari PT. Surya Alam , Pada harian Media Indonesia tanggal 3 Mei 2018. Saya bermaksud mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Accounting di PT. Surya Alam .Adapun Data diri saya, sebagai berikut:

Nama : Joko Susilo
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang , 10 Desember 1994
Usia : 23tahun
Pendidikan Terakhir : Universitas gajah Mada (S1)
Alamat Asal : Kelurahan Jaya Makmur , Semarang
Domisili : Jl.Jendral Sudirman , №43 Semarang
Telepon : 08987xxxxx
Email : joko@gmail.com

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancer berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan akuntansi yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff accounting di PT. Citra Media. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.
  5. SKCK
Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,


Joko Susilo

Bagaimana anda sudah pahamkan cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.Masih ada beberapa contoh surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup dengan pengalaman kerja maupun tanpa pengalaman kerja yang bisa anda baca sampai selesai.
Namun jika anda hanya memerlukan contoh surat lamaran kerja secara umum contoh di atas saya rasa sudah cukup.
Apakah anda memang berniat melamar kerja karena sudah ada lowongan atau hanya iseng cari referensi jika suatu saat anda ingin melamar kerja?
Ada kabar gembira buat anda yang sekarang belum memiliki pekerjaan atau Ingin memperoleh pekerjaan sampingan agar dapat penghasilan tambahan.
Kini aplikasi ojek online Gojek dan Grabbike telah membuka lowongan dan kesempatan yang sebesar besarnya bagi anda yang ingin menjadi mitra Gojek dan Grabbike.
Anda hanya butuh sepeda motor sebagai syarat utama melamar gojek atau Graabbike.
Untuk persyaratan dan tata cara melamar Gojek maupun Grabbike bisa anda baca di artikel ini

Cara daftar gojek online 2018

Atau jika anda ingin mendaftar di Grabbike silahkan baca yang ini

Cara daftar Grabbike online dan off line

2.Contoh Surat lamaran pekerjaan CPNS

Banjarnegara, 4 Maret 2017

Kepada
Yth. Bapak Bupati Banjarnegara

Di
Banjarnegara

Dengan Hormat,

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ayunda larasati, S.Pd
Tempat/Tanggal Lahir : Wonosobo, 14 Juli 1985
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S1 Universitas Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Alamat : Jl pakualam no.04 , Banjarnegara
Pekerjaan yang dilamar : Guru SD

Bersama ini kami mengajukan permohonan untuk dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Berkaitan dengan hal tersebut, bersama ini kami sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut :

1.Foto copy sah Ijazah terakhir sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan (dilegalisir pejabat yang berwenang) ;
2.Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar ;
3.Foto copy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) dilegalisir pejabat yang berwenang;
4.Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
5.SKCK

Demikian permohonan ini kami buat, selanjutnya besar harapan kami untuk dapatnya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten

Banjarnegara Tahun 2017.

Hormat Kami,

Materai 6000

Ayunda larasati, S.Pd
Note : Untuk melamar kerja CPNS kalian harus menulis surat lamaran kerja dengan tangan dan bermeterei 6000.

3.Contoh surat lamaran kerja di Bank

Surabaya, 3 April 2017

Kepada :

Yth. Bapak/Ibu Bag. HRD
Bank BRI

Jl. AHmad Yani №11
Surabaya 44678

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya
Nama : Narto Saifudin
Tempat/tgl lahir : Malang, 24 Agustus 1995
Warga negara : Indonesia
Agama : Islam
Alamat sekarang : Jl.MH Thamrin №20 Malang
No. Handphone : 0859876451

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT Bank BRI, Pada harian Jawa Pos tanggal 2 mei 2017 maka bersama ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan persaratan sebagai berikut:

1.Foto copy KTP
2.Foto copy Ijazah
3.Pas photo warna 4x6 2 lembar
4.Foto copy SKHUN
5.Foto copy Trankrip nilai
6.Foto copy kartu kuning
7.Foto copy akta kelahiran
8.Foto copy sertifikat-sertifikat (PKL dll jika ada)
9.Foto copy SKCK
10.Daftar riwayat hidup

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya Bapak / ibu dapat menerima lamaran saya . Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Narto Saifudin

4. Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris

Bandung, 23 July 2018

The Administrative Officer
Embassy of Vietnam in Jakarta

Dear Sir / Madam,

I am a graduate of Communications at Indonesian University ( U I ) with several years of working experience from some of the leading private companies, non-governmental organizations, and governments.

I am writing to apply for an Executive Assistant position advertised at loker.id on July 19, 2018. This position is of great interest to me because it enables me to take full advantage of my administrative and organizational skills.

I have good written and oral communication skills that are good enough to be useful in performing the tasks in my intended position. Above all these competencies, I have a work ethic and can work with people at all levels of the organizational structure. I believe I can be an asset to your organization.

Hopefully I can continue this to the interview stage and can work in your organization. I would welcome the opportunity to discuss my suitability for the position and comply with your other requirements. I can be contacted during business hours at 0857112233xxx.

Best regards,

Alif Satya Wicaksono

5. Contoh surat lamaran kerja di Pabrik atau PT

Kepada Yth.

HRD PT. Tanjung Makmur Sejahtera
Jl. Ahmad Dahlan No 26 , Tangerang
Hal : Permohonan Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
  • Nama : Ayunda Larasati
  • Alamat : Jonggolsari,RT 01/04, Leksono, Wonosobo
  • Tempat/Tanggal Lahir : Wonosobo, 25 Januari 1997
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Agama : Islam
  • Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi
Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin,selanjutnya besar harapan saya agar permohonan ini bisa di kabulkan
Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan syarat -syarat sebagai berikut :
  1. Daftar Riwayat Hidup : 1 Lembar
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir : 1 Lembar
  3. Foto Copy KTP : 2 Lembar
  4. Foto Copy SKCK : 1 Lembar
  5. Foto Ukuran 3 X 4 : 2 Lembar
  6. Foto Copy Pengalaman Kerja :1 Lembar
Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya agar saya diterima pada perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Ayunda Larasati

6. Contoh surat lamaran kerja sederhana


Pekalongan, 10 Agustus 2018

Kepada Yth
HRD Koperasi Asri Permai
Jl. Baja Mukti №22 Pekalongan

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Fayra Ayunda
TTL : Pekalongan, 27 November 1998
Jenis kelamin : Perempuan
Pendidikan : S-1 Manajemen
Alamat : Jl. Ahmad Yani № 38, Pekalongan Selatan
No. HP : 085667744
Email : ayunda212@gmail.com

Dengan ini saya mengajukan diri sebagai Kepala Bagian di Koperasi Asri Permai. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

1. Foto Copy KTP
2. Foto Copy Ijasah Terakhir
3. Foto Copy SKCK
4. Pas Photo 4 x 6 : 8 lembar
5. Daftar Riwayat Hidup

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebagaimana mestinya. Atas perhatian bapak/ibu saya sampaikan terimakasih

Hormat saya

Fayra Ayunda

Biasanya selain surat lamaran kerja anda juga harus membuat curriculum vittae. Oleh karena itu di bawah ini saya sertakan contoh daftar riwayat hidup dengan pengalaman kerja dan tanpa pengalaman kerja.

Untuk bisa membuat CV yang menarik anda bisa membuatnya secara online di situs Canva atau memakai format resume di google doc.

Photo by Helloquence on Unsplash

7.contoh daftar riwayat hidup dengan pengalaman kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap : Rizal Maulana
Tempat, Tanggal Lahir : Wonosobo, 22 Agustus 1990
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Alamat : Desa Jonggolsari RT 03 RW 02,Kec Leksono, Wonosobo 56362
No. Telpon : 085555555544
Email : rizal13@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

1. SD Negeri 1 Jonggolsari : Tahun 1997–2003
2. SMP Negeri 2 Wonosobo : Tahun 2003–2006
3. SMA Negeri 2 Wonosobo : Tahun 2006–2009
4. S1 Fakultas Tehnik Universitas Gajah Mada : Tahun 2009–2012

PENDIDIKAN INFORMAL

1. Kursus Komputer di Wonosobo : Tahun 2007
2. Expert Language English di Pekalongan : Tahun 2008

RIWAYAT PEKERJAAN

1. Maintenance di PT. Mekar Abadi, Wonosobo : Tahun 20123- 2014
2. Manager Maintenance di PT. Sakti Baru, Semarang : Tahun 2014 — Agustus 2015
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Wonosobo, 27 April 2018

Rizal Maulana


Itu adalah contoh daftar riwayat hidup dengan pengalaman kerja.

8. Contoh daftar riwayat hidup tanpa pengalaman kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap : Anton Prasetyo
Tempat, Tanggal Lahir : Wonosobo, 30 juni 1990
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Menikah
Alamat : Desa Kalimendong RT 07 RW 04,Kec Leksono, Wonosobo 56362
No. Telpon : 08888442
Email : anton@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

1. SD Negeri 2 Kalimendong : Tahun 1997–2003
2. SMP Negeri 2 Lekson0: Tahun 2003–2006
3. SMA Negeri 1 Wonosobo : Tahun 2006–2009
4. S1 Fakultas Tehnik Universitas Sebelas Maret : Tahun 2009–2012

PENDIDIKAN INFORMAL

1. Kursus Komputer di Wonosobo : Tahun 2008
2. Expert Language English di Pekalongan : Tahun 2009

Wonosobo, 29 Mei 2017

Anton Prasetyo

Baiklah itu adalah beberapa contoh surat lamaran kerja dan contoh daftar riwayat hidup yang bisa anda jadikan referensi dalam menulis surat lamaran kerja. Perlu anda pahami dalam pemnulisan surat lamaran kerja tidaklah baku.Bisa berubah sewaktu waktu namun ini sudah cukup untuk anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Dalam penulisan surat lamaran kerja memang harus memenuhi standar umum yang berlaku.Misalnya jika anda menulis surat lamaran kerja menggunakan komputer maka hal yang harus anda perhatikan adalah

1.Gunakan kertas ukuran folio
2.Surat lamaran kerja harus satu lembar.Untuk penjelasan detail anda menggunakan lampiran
3.Gunakan font yang umum misalnya calibri atau time new roman ukuran 12
4.Jarak baris atas 4 cm.bawah 3 cm.Margin kiri 4 cm margin kanan 3 cm.

Tips tambahan bagi anda yang akan melamar kerja baik di perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN dan perusahaan asing :

Lihat profil jejaring sosial anda. Teman yang anda ikuti dan bagaimana anda berkomunikasi dengan mereka.

Jika anda sering menuliskan kata kata kotor,mengeluh maupun suka membagikan gambar gambar begituan segeralah hapus.

Perbarui semua atau hapus jika profil anda di jejaring sosial tidak mendukung dalam anda melamar kerja.

Sekarang ini perusahaan sudah lebih selektif dalam menerima karyawan. profil anda di jejaring sosial itulah diri anda yang sebenarnya. jadi perusahaan bisa mempelajari pribadi anda lewat media sosial.bagaimana anda berinteraksi dan berteman dengan mereka.orang orang yang anda ikuti maupun jenis berita yang anda baca.

Saya rasa dengan beberapa contoh surat lamaran kerja dan contoh CV lamaran kerja terbaru tersebut anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah baik menggunakan kertas folio maupun di ketik di MS word.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Sesuai EYD"

Post a Comment